Meningkatan Keterampilan Speaking Bahasa Inggris Melalui Metode Role Playing Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Bangunjaya Langkaplancar Pangandaran Jawa Barat

  • Ati Srimulyati SD Negeri 4 Bangunjaya Langkaplancar Pangandaran Jawa Barat
Keywords: Keterampilan Speaking, Bahasa Inggris, Role Playing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan speaking Bahasa Inggris melalui metode Role Playing pada siswa kelas IV SDN 4 Bangunjaya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 4 Bangunjaya tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 12 siswa. Metode pengumpulan data mengunakan lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes unjuk kerja speaking. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan Role Playing dapat meningkatkan keterampilan speaking Bahasa Inggris pada siswa kelas IV SDN 4 Bangunjaya. Peningkatan dibuktikan dengan hasil skor rata-rata pre test sebesar 53,23 (kategori kurang); siklus I sebesar 64,69 (kategori cukup); siklus II sebesar 75 (kategori baik). Selain hasil tersebut, siswa juga menjadi lebih lancar dalam berbicara menggunakan kosa kata Bahasa Inggris di depan siswa lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] P. O. S. U. Nasional, M. Tsanawiyah, and M. Aliyah, “Badan Standar Nasional Pendidikan.” Jakarta, 2006.

[2] K. P. D. A. N. Kebudayaan, “Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.”

[3] G. Wulandari, E. Wiyanarti, and N. Ratmaningsih, “The Improvement of Students Questioning Skill In Learning Social Studies Through Discussions With Probing & Prompting Technique.”

[4] S. D. M. Kebudayaan, “Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia.” 2014.

[5] W. Waenawe, “Keefektifan Metode Diskusi Kelompok dan Bermain Peran dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Mahasiswa Thammasat University, Thailand,” Yogyakarta Univ. Negeri Yogyakarta, 2013.

[6] S. Arikunto, “Penelitian tindakan kelas,” 2012.
Published
2022-02-02
How to Cite
Srimulyati, A. (2022). Meningkatan Keterampilan Speaking Bahasa Inggris Melalui Metode Role Playing Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Bangunjaya Langkaplancar Pangandaran Jawa Barat. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 4(2), 400-404. Retrieved from http://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/427