Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Melalui Kegiatan Menghubungkan Gambar dengan Tulisan yang Sesuai di TK Cahaya Putra Kab. Pacitan Jawa Timur

  • Sri Handayani TK Cahaya Putra Kab. Pacitan Jawa Timur
  • Hajerah Hajerah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Sulawesi Selatan
  • Siti Hafsah TK Taman Doa Ibu Makassar Sulawesi Selatan
Keywords: Kemampuan Membaca, Gambar dengan Tulisan, PAUD

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan tempat yang menyenangkan bagi anak usia 0-6 tahun. Karena di situlah anak bisa melakukan kegiatan belajar sambil bermain dengan suasana yang menyenangkan bagi anak. Pada kegiatan kali ini peneliti mencoba untuk membantu anak meningkatkan kemampuan membaca melalui kegiatan menghubungkan gambar benda dengan tulisan yang sesuai di TK Cahaya Putra guna mencapai perkembangan belajar secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelompok B TK Cahaya Putra Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik analisis data kualitatif  kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelompok B TK Cahaya Putra yang berjumlah 15 anak. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat (1) meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa, (2) membuat kegiatan pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan, (3) kemampuan membaca siswa setelah siklus kedua meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelompok B TK Cahaya Putra. Dan hasil observasi di TK Cahaya Putra terdapat 50% dari jumlah siswa yang ada di kelas B mengalami kekurangan yang cukup rendah dalam membaca karena kegiatan yang diberikan oleh guru kurang menarik dan kurang menyenangkan. Berdasarkan latar belakang tersebut, apakah kegiatan menghubungkan gambar dengan tulisan yang sesuai dapat membantu meningkatkan kemampuan anak dalam membaca? Berdasarkan rumusan masalah dan hipotesis tindakan yang dilakukan peneliti di kelompok B TK Cahaya Putra memperoleh hasil sebagai berikut: Dari 15 peserta didik yang mengikuti kegiatan menghubungkan gambar dengan tulisan yang sesuai terdapat 11 anak yang berhasil mencapai perkembangan tersebut sehingga kegiatan bermain ini bisa diterima sebagai cara meningkatkan kemampuan anak dalam belajar membaca.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] M. Caravolas, “Learning to spell in different languages: How orthographic variables might affect early literacy,” in Handbook of orthography and literacy, Routledge, 2013, pp. 511–526.

[2] S. Widarti, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Melalui Media Gambar Pada Anak Kelompok B Ii Tk ‘Aba Kuncen Delanggu Klaten Tahun 2012/2013.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012.

[3] P. D. Eldarni, “Media Pembelajaran,” Jakarta CV. Rajawali, 2001.

[4] A. S. Sadiman, “Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya,” 2009.

[5] A. Arsyad, “Media pembelajaran.” Jakarta: PT Raja grafindo persada, 2011.

[6] A. Rohani, Pengelolaan pengajaran. Rineka Cipta, 1991.

[7] Q. Fariyani, F. K. Mubarok, S. Masfu’ah, and F. Syukur, “Pedagogical content knowledge of pre-service physics teachers,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 9, no. 1, pp. 99–107, 2020.

[8] T. Penyusun et al., “Desain & Pedoman Pembelajaran Mikro Masa Pandemi.”

[9] M. P. Ahmad Susanto, Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana, 2016.

[10] A. Susanto, Perkembangan anak usia dini. Kencana, 2020.

[11] D. P. Nasional, “Undang-undang nomor 14 tahun 2005, tentang guru dan dosen,” Jakarta: Depdiknas, 2005.

[12] A. Suharsimi, “metodelogi Penelitian,” Yogyakarta Bina Aksara, 2006.

[13] S. Arikunto, “Penelitian tindakan kelas,” 2012.
Published
2022-01-27
How to Cite
Handayani, S., Hajerah, H., & Hafsah, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Melalui Kegiatan Menghubungkan Gambar dengan Tulisan yang Sesuai di TK Cahaya Putra Kab. Pacitan Jawa Timur. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 4(1), 441-446. Retrieved from http://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/244

Most read articles by the same author(s)